Seni bela diri tinju yang menantang!

Saat ini, rupanya sudah banyak seni-seni bela diri yang dibuat dan berdasarkan turun temurun nenek moyang ataupun dibuat dengan sengaja oleh Neagar itu sendiri. salah satunya ialah tinju. Tinju adalah sebuah seni bela diri dan masuk kedalam kategori olahraga yang biasanya akan dimainkan dengan dua orang, dan tidak pernah lebih, serta memiliki peraturan-peraturan yang harus dijalankan dalam melakukan seni bela diri tinju. Biasanya, orang yang akan bertanding untuk melakukan seni bela diri ataupun seni tinju yang satu ini akan menggunakan sebuah tinju yang akan mereka gunakan serta sebuah rangkaian pertandingan yang dibuat biasanya akan berinterval dengan satu sampai dengan tiga menit, dan hal tersebut biasanya lebih kita kenal dengan ronde.

Biasanya, olahraga seni bela diri tinju ini tidak mengenal perlombaan apapun, karena baik dalam sebuah olimpiade ataupun sebuah olahraga yang sudah profesional, kedua petinju yang melakukan olahraga tinju ini pun harus memukul lawannya dan harus menghindari pula pukulan lawan yang diberkannya serta mereka pun akan berupaya untuk terus mendaratkan pukulan ke beberapa tubuh yang diperbolehkan untuk didaratkan sebuah tinjuan mereka sendiri ke lawannya tersebut. nilai dalam sebuah seni bela diri tinju ini akan diberikan untuk sebuah pukulan yang dilakukan secara bersih serta secara mantap pada bagian depan pinggang di tubuh hingga menuju ke atas yang telah sah dari lawan, kemudian dengan pukulan yang ditujukan ke kepala dengan bagian dada pun maka pemain akan mendapatkan sebuah nilai yang lebih dan akan membanggakan.

Para petinju yang memiliki nilai lebih tinggi pun tentunya akan melakukan sejumlah ronde dalam tingkatan waktu tertentu yang telah direncanakan dan tentunya akan dinyatakan sebagai pemenang dari tinju tersebut. selain itu, rupanya kemenangan pun akan dicapai jika lawan ataupun musuh dikenakan tinju dan telah jatuh serta tidak bisa bangkit dalam hitungan kesepuluh yang telah ditetapkan oleh wasit serta telah menjadi sebuah peraturan yang wajib dalam olahraga tinju tersebut. jika lawan tidak bisa bangun sehabis dilayangkan tinjuan oleh lawannya dan telah memasuki hitungan ke sepuluh oleh wasit, maka hal tersebut dinamakan dengan “Knock Out / KO”. Ataupun jika lawannya telah menyatakan bahwa tidak mampu untuk melanjutkan sebuah pertandingan di ronde selanjutnya, maka rekor pertandingan pun akan dimenangkan oleh lawannya. Namun, tahukah kamu sejarah akan seni bela diri tinju yang satu ini? ingin tahu lebih lanjut? Myuk, mari kita bahas dan simak artikel yang satu ini!

Sejarah mengenai seni bela diri tinju

Setiap seni bela diri diberbagai Negara tentunya memiliki sebuah sejarah tersendiri yang biasanya merupakan sebuah olahraga turun temurun yang diciptakan dari nenek moyang Negara tersebut. pertandingan pertama yang diajukan pada olahraga tinju ini rupanya telah dicatat dalam sebuah sejarah mengenai olahraga tinju, yakni perlombaan melawan Abel. Sebuah kitab yang dinamakan dengan kita Mahabrata ini pun biasanya akan mencatat banyak sekali pertandingan-pertandingan yang dilakukan dalam olahraga atau seni bela diri tinju ini, dan didalam kitab Mahabrata tersebut rupanya banyak sekali catatan-catatan bahwa perkelahian serta cerita-cerita mengenai bangsa Yunani, bangsa Romawi, bangsa Mesir yang telah ada sejak zaman masehi.

Kemudian, pertinju pertaman yang telah ada sejak zaman kebangsaan Yunani ini, ialah bernama dengan Theagenes yang berasal dari Thaos dan telah menjadikannya sebagai juara Olympic Games yang sudah diadakan sejak tahun 450 masehi. Telah diketahui dengan catatan yang ada didalam buku Mahabrata tersebut bahwa Theagenes telah melakukan banyak sekali pertandingan sebanyak 1.406 pertandingan tinju dan dengan menggunakan sebuah cetis untuk sarung tinju yang akan digunakannya dan terbuat dari besi yang berat.

Kebanyakan dari lawan-lawan yang menjadi musuh Theagenes dalam pertandingan tinju ini biasanya akan langsung tewas seketika ketika bertarung dengannya, dan hal yang satu ini pun disebabkan oleh sarung tinjunya yang terbuat dari besi yang sangat berat. Meskipun olahraga boxing atau tinju ini dikenal sejak berabad-abad yang lalu dan biasanya digunakan dalam sebuah bentuk untuk hiburan semata, namun rupanya seseorang yang berasal dari Inggris, yakni Jack Broughton, sang juara Britania yang melakukan pertandingan olahraga tinju ini pun merupakan orang pertama yang menggunakan olahraga tinjunya menggunakan sarung tinju. Kemudian, telah terbukti bahwa peraturan-peraturan serta dengan sarung tinju ini pun telah diperkenalkan tepatnya pada tanggal 10 Agustus 1973.

Etimologi terhadap olahraga tinju

Tentunya setiap istilah ataupun seni memiliki etimologi tersendiri yang wajib diketahui dan dikenal. Salah satunya, ialah olahraga tinju yang satu ini. sebuah kata “tinju” yang kerap kali kita gunakan ini rupanya sebuah terjemahan dari kata bahasa International, yakni bahasa Inggris yang memiliki sebutan “Boxing” atau biasa disebutkan dengan kata “Pugilism” dan kata tersebut pun biasanya digunakan oleh orang luar untuk menyebut olahraga tinju yang terkenal.

Pugilism sendiri rupanya berasal dari sebuah kata latin yang sangat dikenal, yakni kata pugilatus yang berartikan dengan sebuah pinjaman dan kata tersebut rupanya berasal dari bangsa Yunani. Sedangkan kata Pugno, Pignis, dan dengan kata Pugnare, tersebut pun biasanya telah menandakan segala sesuatu yang biasanya akan memiliki bentuk kotak, dan kotak tersebut pun disebut dengan kata “Box” jika didalam bahasa Inggris yang sering digunakan. Dan etimologi mengenai olahraga tinju memiliki banyak sebutan yang didasarkan dengan bahasa Yunani. Karena, sejarah mengenai olahraga Tinju ini pun berasal dari bangsa Yunani.

Ring yang digunakan dalam perlombaan tinju

Setiap olahraga yang digunakan tentu saja memiliki tempat-tempat yang digunakan dan biasanya telah ditetapkan melalui sebuah peraturan yang wajib diikuti dan wajib diselenggarakan. Dan termasuk dengan olahraga tinju yang satu ini pun rupanya memiliki sebuah peraturan yang wajib diikuti dalam setiap perlombaannya, yakni ring. Ring yang digunakan dalam olahraga tinju ini pun rupanya telah menjadikan sebuah ciri khas yang wajib digunakan oleh olahraga tinju dimana pun dan kapan pun.

Ring yang digunakan dalam olahraga tinju ini ialah sebuah arena ataupun sebuah tempat dalam setiap pertandingan tinju, dan ring ini pun biasanya di buat di atas panggung yang kuat dan memiliki ukuran atau luas nya, kurang lebih 1,5 meter. Biasanya, para petinju akan memasuki ring untuk memulai perlombaan tinju tersebut. kemudian, olahraga tinju dan telah memasuki sebuah era yang sudah modern ini, maka ring dalam olahraga tinju ini pun menggunakan bentuk yang segi empat sama sisi serta sisinya telah dibatasi oleh tali.

Dimana tali yang digunakan pun memiliki jumlahnya mencapai empat pada setiap sisinya tersebut. didalam ring yang digunakan untuk olahraga tinju ini pun rupanya memiliki empat sudut yang biasa digunakan. Yakni, sudut yang memiliki warna merah, sudut yang memiliki warna biru digunakan untuk kubu para petinju tersebut serta sudut yang berwarna putih biasanya akan digunakan oleh wasit dalam permainan tinju atau digunakan oleh dokter ring yang memiliki tugasnya tersendiri.

Nah, itu dia ulasan-ulasan mengenai olahraga tinju yang wajib kamu ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat!

, ,